Aku Si Raja Naipospos

Oleh: Maridup Hutauruk 

  • Sudah lama aku berniat melanglang ke ujung buana
  • Aku harus punya tubuh yang kuat dan perut kenyang
  • Niat yang kuat tergambar dalam wajahku yang merona
  • Aku bersemangat karena dorongan saudaraku Situmeang

 

  • Niat itu tak terbendung terkumpul di otak
  • Satu persatu sanak saudara yang kukasihi ku-haol
  • Semua beban bekal kutumpukan di pundak
  • Semuanya atas bantuan saudaraku Lumbangaol

 

  • Awalnya sungkan untuk melangkah dengan beban berat
  • Karena beban itu sedemikian berat sehingga melukai kulit
  • Aku layakkan diri seperti konglomerat yang sebenarnya melarat
  • Untungnya semua itu tertutupi oleh saudaraku Simanungkalit

 

  • Mulailah aku menyusuri jalan-jalan setapak
  • Banyak peristiwa kutemukan dimana tubuh menyadi lusuh dan kotor
  • Tetapi aku masih mampu melangkah setapak demi setapak
  • Dengan mengandalkan tongkat pemberian saudaraku Banjarnahor

 

  • Tak ada lagi waktu untuk berdiam diri
  • Tantangan harus diatasi dan jangan sampai jatuh terpuruk
  • Katanya perjuangan harus diatasi walau seorang diri
  • Itulah nasihat dari saudaraku si Maridup Hutauruk

 

  • Jalan itu semakin parah penuh onak dan duri
  • Menaiki gunung menuruni lembah berbatubatu
  • Tetapi dengan niat dan tekat semuanya harus kususuri
  • Karena aku sudah diberi nasihat oleh saudaraku Lumbanbatu

 

  • Tujuan itu sudah tampak yang kutatap dari kejauhan
  • Adaseberkas harapan yang membuat hati semakin riang
  • Sekarang sampailah aku menjejakkan kaki di harbangan
  • Aku merasa tersanjung disambut saudaraku Sibagariang

 

  • Sudah saatnya aku membersihkan diri atas dasar holong na bolon
  • Karena aku merasa senang semua saudaraku tambun-tambun
  • Ayo kita semua mandi ke aek-rangat di Sipoholon
  • Jangan takut semua biaya ditanggung saudaraku Marbun

 

  • Sekarang aku sudah temukan jati diri melampaui negri-negri
  • Semua saudara berkumpul sonang sohariboriboan jala horas-horas
  • Dada yang tadinya penuh sesak sudah kulepaskan dari dengki dan iri
  • Karena aku pewaris kerajaan dari ompunta Si Raja Naipospos
  • Trackback are closed
  • Comments (0)

Leave a Reply

